RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SMA NW SURALAGA
Mata Pelajaran :
EKONOMI
Kelas / Semester : XII IPS / 2
Materi Pokok : Karakteristik Perusahaan Dagang
Alokasi Waktu : 4 JP x 45 menit (2 pertemuan)
1.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah
mengkaji berbagai sumber belajar, melalui membahas saintifik dengan model Pembelajaran
Berbasis Masalah dengan Ringkasan Kartu peserta didik
dapat menganalisis kompetisi akuntansi di perusahaan dagang dan membuat laporan
keuangan di perusahaan dagang dengan mengembangkan sikap kemandirian, jujur,
bertanggung jawab, bertanggung jawab, berusaha keras dan bekerja sama.
2. Langkah-Langkah
Pembelajaran
Tahap / Sintaks
|
Langkah-langkah pembelajaran
|
Alokasi waktu
|
PENDAHULUAN
|
15 menit
|
|
Melalui tampilan
video ekonomi tentang perusahaan berdagang pertanyaan awal tentang perusahaan
jasa dan perdagangan? transaksi apa sajakah yang terjadi di perusahaan
dagang?
|
||
KEGIATAN INTI
|
150 menit
|
|
Mengorientasikan
peserta didik terhadap masalah
|
Peserta didik
mencermati salam masalah di LPKD dengan berkelompok dengan mengajukan
pertanyaan pengarah untuk mendorong peserta didik memprediksi atau meminta
dugaan (hipotesis)
|
|
Mengorganisasi
peserta didik untuk belajar
|
Peserta didik
diorganisasikan untuk belajar dalam diskusi kelompok kecil, membahas lebih
lanjut alternatif-alternatif strategi untuk menyelesaikan masalah yang
ditentukan di LKPD melalui persiapan Kartu Rangkuman: Kelompok 1
Karakteristik Perusahaan Dagang Kelompok 2 Transaksi Perusahaan Dagang
Kelompok 3 Akun-akun di Perusahaan Dagang
|
|
Membimbing petunjuk
individual atau kelompok
|
Peserta didik
dibimbing untuk berpartisipasi melalui berbagai informasi dan refernsi dari
media. Pengumpulan informasi dilakukan dan diselesaikan untuk pemecahan
masalah.
|
|
Mengembangkan dan
melengkapi hasil karya
|
Setiap kelompok
mempresentasikan hasil dari Kartu Rangkuman , kelompok
yang lain menyetujui.
|
|
Menganalisis dan
pemecahan proses pemecahan masalah
|
Peserta didik
mengkritisi hasil Ringkasan Kartu dengan
menganalisis dan mengevaluasinya serta memberikan kesimpulan tentang Siklus
Akuntansi Perusahaan Dagang.
|
|
PENUTUP
|
15 menit
|
|
Peserta didik dapat
menganalisis dan menyimpulkan ciri-ciri perusahaan dagang dengan
karakteristiknya melalui diskusi kelompok dan dari berbagai sumber media
informasi yang ada, mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari
|
3. Penilaian Penilaian
Sikap: Observasi dan Jurnal dengan instrumen sikapPengetahuan: Tes Tertulis (PG
dan Uraian) dan Penugasan
4.
Keterampilan
: Praktek
LKPD dan Produk
Suralaga, ………………………..2020
Mengetahui;
Guru
Mata Pelajaran,
Kepala
Sekolah
HAIRURRIJAL, M.Pd Eka Rosdiana, S.Pd